Juni 2011, Festival Lagu dan Tari “Ya Samman” Siap Digelar

Posted: Minggu, 08 Mei 2011 by TEATER HARMONI in Label:
0


Lagu “Ya Samman” sampai hari ini sangat familiar di sejumlah pelaku seni, terutama seni tari dan musik di Palembang dan Sumsel. Tapi sebagian pihak masih ada yang belum mengetahui kalau lagu Ya Samman adalah adalah karya Kamsul A Harla, putra asli Sumsel. Berdasar dengan itu, pada tangal 25 Juni bertempat di Graha Budaya Jaka Baring Palembang festival Lagu dan Tari ‘Ya Samman’ Insya allah akan dilaksanakan, sebagai bentuk sosialisasi.

“Target utama acara ini supaya lagu ini tidak sembarang diklaim orang lain, karena ini memang produk orang kita di Sumsel. Kita agak tidak enak hati saat melihat launching Sea Games ke-16 di Jakarta tempo hari, lagu Ya Samman dibuat oleh panitia dengan inisial no name, (tanpa nama pencipta-red). Ini jelas melukai hak intelektual pencipta lagu,” tegas Muhammad Syahrian, SH, kepada pers di Palembang, Minggu, (8/5/2011).

Lebih lanjut, Direktur PARes Manajemen sebagai pelaksana event, menegaskan kejadian di launching Sea Games beberapa waktu lalu tidak boleh terjadi keduakalinya di saat pembukaan Sea Gems di Palembang. “Pada pembukaan Sea Games di Palembang nanti, tidak boleh lagi ada istilah no name. Waktu di Jakarta memang panitia Sea Games yang tidak koordinasi dengan lembaga seni di Sumsel untuk mencari tahu siapa pencipta lagu Ya Samman. Ironisnya, koreografer juga tidak melakukan verifikasi pencipta lagu ini, jadinya pakai istilah no name. Kedepan ini tidak boleh lagi terjadi,” tegasnya.

Mantan aktifis Universita Muhamamdiyah Palembang (UMP) ini menjelaskan, dalam acara ini akan digelar dua cabang seni yaitu, tari dan lagu, yang melibat sekolah SMP dan SMA se-Sumsel. Masing-masing sekolah akan mengutus peserta dua group dari masing-masing cabang seni. “Karena acara ini melibatkan langsung sekolah, jadi kita harus menunggu selesainya pelaksanaan Ujian Nasional. Kita tidak ingin memecah konsentrasi siswa atau program akademik terganggu oleh event ini. Makanya acara ini sempat megalami pengunduran jadwal, karena harus disesuaikan dengan jadwal ujian nasional,” tegasnya.

Dalam pelaksanannya nanti, menurut Rian pihaknya juga menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak, seperti Taman Wisata Budaya Kerajaan Sriwijaya, (TWBKS), Lembaga Kebudayaan Venesia dari Timur, dan lembaga lain termasuk media. Sebab program ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dari sejumlah pihak. “Informasi lebih lanjut bisa menghubungi melalui sms nomor 085832482569, 0852 733 97361, atau langsung datang ke kantor panitia, di jalan Swadaya Lorong Sukadarma II no 47.A Palembang,” tambahnya.

Ditanya soal persyaratan, Rian—panggilan akrabnya menjelaskan, jumlah group musik tidak lebih dari 6 Orang, kemudian wajib menyanyikan lagu Ya Saman. “Lagu ini boleh di-aransemen se-bebas-bebasnya. Juga peralatan musik bebas (elektrik, atau perkusi). Dan semua persoalan teksnis peralatan musik ditanggung peserta. Panitia hanya menyiapkan Sound Sistem dan Alat Musik,” tegasnya.
Tentang tari, Rian mengatakan, jumlah group (penari-red) maksimal 6 Orang. Setiap goup wajib menampilkan satu tari dengan iringan lagu Ya Saman. “Soal waktu pementasan, sesuai dengan waktu lagu Ya Saman (1 kali putaran). Dan satu hal yang mesti diingat adalah, tarian ini bukan jenis tarian moderen, seperti Cheer Leader dan sejenisnya. Yang penting, tarian ini bercirikan tari tradisional sesuai dengan tema lagu, yang didasari filosofi dan nilai-nilai syair lagu. (release)


KRITERIA PESERTA
FESTIVAL TARI DAN LAGU ‘YA SAMMAN’

PESERTA
Acara ini akan melibatkan Siswa SMP dan SMA di 15 Kabupaten dan Kota se-Sumsel, dengan estimasi peserta sebanyak 500 orang peserta, dengan rincian : Setiap Kabupaten dan Kota akan mengirim 4 Tim (2 Tim Musik dan 2 Tim Tari) masing-masing tim memiliki pesonil 6 orang. Masing-masing Tim dari 15 Kabupayen dan Kota akan mengirim peserta sebanyak 24 Orang (Tim Tari dan Lagu) plus tim official.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Acara ini direncanakan akan dilaksanakan pada Hari Sabtu Tanggal 25 Juni 2011 di Gedung Graha Budaya Jaka Baring Palembang Pukul 09.00 sampai Selesai

BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan yang akan diselenggarakan ini, Yakni :
• Kompetisi Tari dan lagu
Adalah Kompetisi Tari dan Lagu Yang diiukuti oleh untusan masing-masing sekolah dari 15 kabupaten/kota di Sumatera selatan yang Mengetengahkan lagu ya Samaan sebagai icon dalam pembukaan Sea Games XXVI di Sumsel.
• Seasion Acara
Dalam kegiatan ini untuk mewarnai jalannya kompetisi Festival tari dan lagu ya samaan dengan menampilkan:
1.Performance dari sosok pencipta lagu ya samaan
2.Peformance deri musisi sumsel dalam hal ini Pilus and Partner
3.Performance dari deklamator Puisi Jaid Saidi
4.Sarana ruang publikasi dari sponsor yang turut menyukseskan kegiatan

DEWAN JURI
Penjurian akan melibatkan sejumlah pelaku seni tari dan lagu berkompeten di bidangnya.
Hal ini dilakukan untuk menciptakan komparasi dan kritik terhadap perkembangan seni tari dan lagu di Sumsel, secara obyektif.

KRIETRIA PESERTA
A. Persyaratan Umum
1. Mengisi formulir pendaftaran
2. Menaati peraturan yang ditentukan panitia
3. Hadir 15 menit sebelum acara dilaksanakan
4. Peserta adalah siswa SMP/MTs/SMA/SMK/MA berdomisli di Sumsel
5. Peserta merupakan utusan sekolah (melampirkan rekomendasi dari sekolah)
6. Transportasi dan penginapan peserta ditanggung peserta sendiri
7. Menampilkan lagu atau tari dengan iringan lagu Ya Saman
8. Membayar biaya pendaftaran Rp. 150.000 rupiah / Group
9. Sekolah boleh mengirim lebih dari 1 tim masing-masing lomba (max.2 tim)
10. Bagi peserta yang belum mendapatkan CD lagu Ya Saman harap menghubungi panitia No.HP. 0852 733 97361 An. Rian 0858 3248 2569
Harga CD Rp. 35. 000 per keping.

B. Persyaratan Khusus (Lagu)

1. Jumlah Group Musik tidak lebih dari 6 Orang
2. Menyanyikan Lagu Ya Saman
3. Lagu boleh di-aransemen se-bebas-bebasnya
4. Peralatan Musik Bebas (elektrik, atau perkusi)
5. Teknis Peralatan Musik (Kabel, Spull) ditanggung Peserta
6. Panitia hanya menyiapkan Sound Sistem dan Alat Musik

C. Persyaratan Khusus (Tari)

1. Jumlah Group (Penari) tidak lebih dari 6 Orang
2. Menampilkan satu Tari dengan iringan lagu Ya Saman
3. Durasi Tari sesuai dengan waktu Lagu Ya Saman (1 kali putaran)
4. Tarian Bukan jenis tarian Moderen (Bukan versi Cheer Leader)
5. Tarian bercirikan Tari Tradisional sesuai dengan Tema Lagu
6. Tari yang ditampilkan didasari Filosofi dan nilai-nilai syair lagu
7. Kostum ditanggung Peserta.

PENUTUP
Demikian, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan semua pihak untuk mendukung program ini.

Palembang, 8 Mei 2011
Panitia Pelaksana

Sumber : http://www.dapunta.com/juni-2011-festival-lagu-dan-tari-%E2%80%9Cya-samman%E2%80%9D-siap-digelar/11442.html

0 komentar:

Lorem Ipsum

Selamat Datang di Blog Kami

Followers

ChatBox